Sabtu, 12 Februari 2011

It’s about Us, Matano untuk Masa Depan

Matano, ya begitulah warga menamainya. Kata matano berasal dari bahasa dongi (bahasa daerah) yang artinya “mata air”, jadi Matano berarti matanya (sumbernya) air. Masyarakat memercayai bahwa mata air Danau Matano berasal dari Desa Matano. Oleh warga, sumber mata air tersebut telah dibuatkan tembok persegi sehingga menjadi kolam berukuran 8 x 12 meter. Gelembung-gelembung air yang tak henti bermunculan di atas permukaan kolam air, tampak seperti kehidupan yang lahir dari dalam bumi.

Berbicra mengenai danau matano, tidak afdol, jika saya tidak memberitahukan lokasinya bukan? Danau Matano berada di sebuah kota kecil bernama Sorowako, kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Bagi anda pencinta wisata bahari berkunjunglah ke tempat ini, dijamin mata anda akan dipuaskan dengan panorama yang disajikan. Akses ke tempat ini dapat di tempuh dengan berkendara darat seperti bus selama kurang lebih 12-14 jam dari ibu kota provinsi (Makassar) atau anda juga dapat menghemat waktu dengan penerbangan berdurasi kurang lebih 50 menit.

Danau matano sendiri merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dan urutan ke8 peringkat terdalam dunia, dengan luasnya mencapai 130 kilometer persegi ini menghamparkan ke-Esaan sang pencipta. Belum lagi kedalamannya yang mencapai 594 meter. Tidak mengherannkan jika beberapa ilmuan mengusulkan danau matano menjadi world heritage.

Danau matano masih sangat original, flora dan fauna yang terdapat di dasar perairannya pun merupakan flora dan fauna yang endemik, jarang di jumpai di tempat lain. Salah satu jenis ikan endemik yang menjadi komponen penyusunnya iyalah ikan “botini”.

Hal lain yang menarik dari Danau Matano adalah pulau-pulau yang terdapat di dalamnya. Di pesisir tenggara, tepatnya di daerah Otuno dan Soluro terdapat beberapa pulau seperti Nuha Langkai (Nuha artinya pulau dan Langkai artinya besar; Pulau Besar) dan Nuha Le (Pulau Alang-alang).

Di pesisir barat laut, dekat perkebunan warga yang dinamakan Bure’, terdapat 4 (empat) pulau kecil lainnya, yang disebut oleh beberapa warga sebagai Pulau-pulau Kucing. Pulau-pulau kecil itu tampak seperti taman mini di atas air. Indah dan menawan. Air danau yang bening membuat orang dapat melihat barisan karang berwarna krem dan putih di dalam air. Pengunjung yang lewat di gugusan pulau ini biasanya tak tahan bila tidak menceburkan diri untuk berenang atau sekadar bermain di seputar pulau.

            Bagi anda pencinta olaraga air, danau matano dapat menjadi salah satu media yang patut anda coba, beberapa olahraga yang ditawarkan iyalah renang, layar, ski air, kano dan menyelam. Untuk hari-libur seperti sabtu dan minggu danau matano selalu ramai di kunjungi, untuk berolaraga atau sekedar menikmati keindahannya.

            Masuk ke inti tulisan, hehee ^^, yang tadi hanya sekedar perkenalan mengenai danau matano. Danau ini merupakan sumber kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar danau. Mengapa demikian? Karena sebagian besar aktivitas kehidupan terlaksana akibat adanya sumber air danau ini. Sebut saja, air yang di pakai untuk, minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya berasal dari danau ini. Warga di sekitar danau ini tidak pernah mengeluh akan kekurangan air, ataupun air yang tercemar, itu semua sebagai timbal balik dari pertisipasi warga untuk tetap menjaga agar danau matano tidak tercemar. Masyarakat sangat menyadari tentang pentingnya air bersih. Karena itu, tidak ada satu pun warga yang tidak turut dalam menjaga kebersihan air dan juga untuk menjaga slaah satu harta yang bisa kita wariskan untuk menyelamatkan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Walaupun terdapat sebuah perusahaan tambang nikel, anggapan bahwa air danau tercemar oleh limbah pabrik tersebut dapat di patahkan dengan mudah karena perusahaan tersebut juga menyadari akan kelestarian air sebagai sumber kehidupan. Selain itu, kenikmatan air matano yang dapat dinikmati bukan hanya andil dari masyarakat saja, tetapi juga dukungan dari PT INCO yang turut serta membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, sebut saja ledeng yang merupakan media penghubung ke rumah-rumah warga ini merupakan salah satu fasilitas yang PT INCO berikan, belum lagi akan di bangun salah satu pembangkit listrik di salah satu daerah yang lagi-lagi di hendel oleh PT INCO, jadi dalam pengolahan air danau matano dan pemanfaatannya, PT INCO bercontribusi tinggi, jadi anggapan bahwa air danau tercemar karena adanya pabrik nikel adalah salah besar. Karena semua pihak mempunyai peran yang sangat penting untuk tetap menjaga kelestrian air.

            Sebagai bentuk kepedulian akan terjaganya sumber air bersih, masyarakat setempat sering mengadakan bakti sosial yang salah satu eventnya adalah pembersihan danau dari sampah anorganik. Itu dilakukan karena adanya kepedulian yang besar yang hadir di setiap pribadi masyarakat setempat. Begitu besarnya perhatian masyarakat terhadap kebersihan air yang merupakan sumber kehidupan. Sebagai siswa-siswi SMA yang sadar akan pentingnya sumber air bersih kami pun selalu turut serta dalam menjaga keasrian danau matano dengan tidak mengotori air danau. Hal itu dilakukan karena pentingnya menjaga kebersihan air di daerah kami.

            Sadar akan pentingnya air untuk generasi sekarang ini dan generasi muda berikutnya secara pribadi kami ingin mengaja semua warga negara Indonesia agar ikut serta dalam mewujudkan air yang bersih dan sehat. Karena itulah awal kehidupan yang bahagia dengan memulai dari hal yang bersih.oleh karena itu, melalui lomba yang di buat oleh kompas ini, semoga dapat menggugah hati setiap anak muda bahkan orang tua untuk turut andil dalam menciptakan air yang bersih.

            Besar harapan kami danau matano dapat tetap menjadi sumber air bersih untuk masa depan. :)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap.. mantap..
berjuang trus gan..

Anonim mengatakan...

Ga ada foto, ga menggigit ... pembaca yang bukan orang soroako ga punya gambaran sama sekali tentang danau Matano. Beberapa foto yang relevan dapat menambah daya tarik artikel. Terimakasih dan salam eksperimen.

vHee Queezt mengatakan...

masalahx jlek koneksi internetq pak..
jd susah bwt upload gambar..
tapi ntar di coba deh pak..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms