Selasa, 08 Februari 2011

It's about Us: Air Untuk Masa Depan

Siapa yang memungkiri bahwa air adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi seluruh jenis kehidupan di bumi kita??? Semuanya pasti beranggapan sama AIR ITU PENTING, hampir dari seluruh aktivitas kita sehari - hari tak lepas dari yang namanya air mulai dari mandi, mencuci, makan  minum, dan bekerja  semuanya membutuhkan air. Namun terlepas dari pentingnya air, yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menjaga sumber air kita agar tetap lestari dan terlindungi.

Sumber air, Sumber Kehidupan
Sumber air, sumber kehidupan adalah sebuah kalimat sederhana yang sangat memperihatinkan. Sebab hampir sebagian besar sumber air bersih masyarakat telah tercemar oleh limbah yang sebagian besar disebabkan oleh masyarakat itu sendiri. Ini adalah sebuah dilema, dimana masih sering kita menyaksikan pembalakan liar pada hutan - hutan yang berfungsi sebagai bendungan raksasa penyimpan cadangan air bersih. Sehingga secara perlahan dan pasti sumber air kita mengering. Perilaku membuang sampah di perairan juga masih membudaya di masyarakat kita.

Sumber energi alternatif
Air adalah sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kita tak dapat mengandalkan dan bergantung sepenuhnya pada sumber energi yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Air adalah solusi jitu untuk menghadapi krisis energi listrik yang saat ini tengah melanda hampir seluruh tempat dimuka bumi ini. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan energi potensial air sebagai pembangkit arus listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap, pemanfaatan arus bawa laut sampai dengan pemanfaat gelombang air laut untuk menggerakkan turbin. Dengan memangfaatkan energi air semaksimal mungkin sebagai sumber energi penghasil listrik maka secara tidak langsung kita juga ikut berpartisipasi dalam menjaga keasrian planet kita ini dari ancaman global warming.

Hemat walaupun setetes
Satu langkah awal, seribu jalan perubahan. Mulailah dari diri sendiri, jangan menunggu hingga orang lain melakukannya. Kita dapat melakukan tindakan penyelamatan mulai dari hal hal yang paling sederhana, seperti mematikan keran air jika tidak diperlukan lagi, membuang sampah pada tempatnya, dan manfaatkan air semaksimal mungkin.




Fakta Tentang Air
Seluruh mahluk hidup di permukaan Bumi ini tentu butuh air, berikut fakta tentang air yang layak kita simak.
1. Air tidak berbau, tidak berasa, dan berbentuk cairan transparan pada temperatur kamar.
2. Air meliputi 70% dari permukaan bumi, baik berbentuk air laut, sungai, danau dan gunung es.
3. Sialnya, 97% air yang ada di bumi ini asin dan hanya 3% nya yang berbentuk air segar. Dengan jumlah populasi manusia 6,8 milyar (perkiraan wikipedia) di Bumi ini dan kebutuhan air untuk minum kita yang 2 liter perhari, berapa tahan air kalau tidak di hemat.
4. Air bisa menghasilkan energi listrik. Diperkirakan 24% (sekitar 675.000 megawatt) dari kebutuhan listrik Dunia berasal dari tenaga air menurut National Renewable Energy Laboratory. Bandingkan dengan kapasitas listrik terpasang kita sekitar 24.700 megawatt
5. 60 % lebih tubuh manusia terdiri dari air (berbeda menurut usia dan jenis kelamin). Dengan perincian 83% darah kita terdiri dari air, 70% otak kita terdiri dari air, dan 90% paru-paru kita terdiri dari air.
6. Air dapat berubah bentuk. Membeku (dibawah nol derajat Celsius), berbentuk cairan di temperatur kamar, dan berbentuk uap padatemperatur 100 derajat Celsius keatas.
7. Air juga berpengaruh terhadap iklim di permukaan bumi

SUDAH SAATNYA KITA BERBENAH DIRI

2 komentar:

Alif Sitohang mengatakan...

weeeww,... Keren

arie mengatakan...

gooooooooddddddd luck

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms